Konsultan Interior Kantor: Mengenal Tugas dan Tata Cara Kerja

konsultan interior kantor

Konsultan interior kantor mungkin masih terdengar asing. Akan tetapi tidak dengan desainer atau arsitek interior. Dalam sebuah bangunan, seperti rumah, kantor, cafe, usaha makan, dan sebagainya membutuhkan desain. Hal ini dikarenakan desain mampu menjadi daya tarik dan nilai dari bangunan tersebut.

Meski bangunan tersebut hanya berbentuk persegi, tapi jika seorang arsitek interior mampu menatanya dengan baik maka hasilnya juga akan bagus. Tidak heran jika seorang desain memiliki mata yang tajam dan mampu memanfaatkan segala jenis ruang di dalam suatu ruangan. Untuk menjadi seorang desain diperlukan kemampuan dan juga bakat. Meski kelihatannya mudah, menjadi seorang desain juga memiliki rintangan tersendiri.

Tugas Konsultan Interior

Ada beberapa tugas dari seorang konsultan interior yang sering diremehkan oleh sebagian orang. Apa saja tugasnya? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Melalukan Riset

Seorang desain interior akan melakukan riset sebagai langkah pertama. Desainer akan melakukan riset terhadap bangunan, tata letak, dan juga tata ruang. Hal tersebut bertujuan agar desainer tahu desain yang pas dan memiliki nilai jual.

2. Menentukan Tata Letak

Salah satu tugas konsultan interior adalah menentukan tata letak yang disesuaikan dengan ruangan. Dalam melalukan penataan tata letak bukan hanya sembarangan. Namun, dibutuhkan beberapa pertimbangan seperti ingin desain model apa dan digunakan untuk apa.

Contohnya, jika ruangan tersebut digunakan untuk ruang kerja karyawan maka tata letaknya harus bersifat formal. Tidak mungkin, kan, menggunakan tempelan hias dinding untuk ruangan kerja kantor? Berbeda jika ingin mendesain kamar. Tempelan hias dinding mungkin cocok untuk ruangan tersebut.

Selain sebagai penentu tata letak, seorang arsitek interior juga harus memiliki kemampuan dalam memilih warna. Biasanya pemilihan warna akan disesuaikan dengan jenis ruangan. Perlengkapan dan peralatan yang dipilih juga harus cocok dengan penggunaan ruangan dan tipe ruangan tersebut.

Tata Cara Kerja Konsultan Interior Kantor

Jika Anda ingin menggunakan jasa desain interior kantor, maka Anda harus tahu tata kerja dari konsultan interior kantor. Berikut penjelasannya.

1. Berdiskusi Dengan Klien

Cara kerja yang pertama dari seorang desain interior adalah mendiskusikan dengan klien mengenai desain yang diinginkan. Awalnya, desainer akan melakukan riset tentang ruangan yang dimiliki oleh klien, tata ruang yang disukai klien, dan sebagainya. Jika klien bingung dan memutuskan untuk menyerahkan desain sepenuhnya kepada desainer maka desainer bisa memberikan masukan dan saran.

Jika saran tersebut diterima maka desainer akan memulai langkah selanjutnya. Akan tetapi jika klien masih belum mencapai kesepakatan, maka desainer bisa membantu sampai tercapainya kesepakatan untuk desain yang diinginkan.

2. Menuangkan dan Menentukan Gaya Desain

Tata cara kerja yang kedua adalah menuangkan desain ke dalam bentuk yang nyata sesuai dengan kesepakatan pada sebelumnya. Desainer juga akan menentukan gaya desain yang cocok dengan tipe keinginan klien. Apakah ingin tradisional, sederhana, minimalis, elegan, dan sebagainya.

Jika ingin mendesain tata ruang kerja kantor maka harus formal dan cenderung tidak berlebihan. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam pemilihan perlengkapan juga dibutuhkan kesesuaian antara kebutuhan dan tata ruang. Untuk melakukan hal tersebut tentunya tidak lepas dari pendapat klien. Tujuannya adalah agar klien tahu bentuk nyata desain tersebut.

Sehingga jika klien tidak setuju, bisa langsung diubah tanpa harus menunggu semuanya selesai. Dengan begitu kedua pihak akan merasa nyaman dalam bekerja sama.

3. Menentukan Warna

Setelah menentukan desain, desainer interior akan menentukan warna yang sesuai dengan ruangan. Dalam pemilihan warna akan disesuaikan dengan konsep yang sudah disetujui. Selain itu, juga dilihat dari tata ruang dan tujuannya. Jika untuk kantor maka dominan warna yang biasanya digunakan adalah putih. Warna putih adalah warna yang natural dan formal.

Jika Anda ingin mencoba menggunakan jasa desain interior, maka bisa memilih Handasa Consultant. Fasilitas dari Handasa mencakup semua layanan di atas sehingga Anda tidak perlu khawatir akan hasilnya. Anda akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dan juga harga yang ditawarkan tergolong murah.

Itulah tugas dan cara kerja konsultan interior kantor yang masih jarang diketahui dan dianggap sepele.