Konsultan Rencana Bangunan Dan Konstruksi

konsultan rencana bangunan

Mengerjakan  proyek skala besar yang memiliki tingkat kompleksitas yang sangat tinggi tidaklah mudah. Agar pengerjaan proyek bisa berjalan dengan baik pemilik proyek biasanya bekerjasama dengan kontraktor dan konsultan. Ada banyak jenis konsultan yang salah satunya adalah konsultan rencana bangunan dan konstruksi.

Konsultan rencana bangunan adalah badan usaha atau individu yang ditunjuk pemilik proyek karena pengetahuan serta keahliannya memberi saran dan petunjuk dalam pelaksanaan proyek. Secara umum ada dua jenis konsultan yaitu konsultan perencanaan dan konsultan pengawas. Masing-masing konsultan memiliki tugas dan wewenang sesuai dengan keahliannya.

Saat ini ada banyak konsultan rencana bangunan yang siap diajak bekerja sama. Pemilik proyek juga harus bisa memilih konsultan yang benar-benar profesional dan berpengalaman. Hal ini sangat penting karena kualitas konsultan perencanaan berkontribusi besar terhadap kelancaran pelaksanaan proyek yang nanti dikerjakan.

Handasa Engineering Consultant adalah perusahaan konsultan rencana bangunan yang yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Perusahaan yang terletak di jalan Grand Boulevard ini sudah berdiri sejak tahun 2011. Handasa Engineering Consultant atau yang sering disebut dengan HEC melayani jasa konsultasi di berbagai bidang arsitektur seperti bangunan untuk hunian, untuk industri dan lain-lain.

Sebagai perusahaan konsultan terbesar dan terpercaya di Indonesia, Handasa mempekerjakan banyak arsitek terbaik yang ada di negeri ini. Berkat dukungan para arsitek profesional dan berpengalaman, Handasa dipercaya untuk bekerja mengerjakan proyek proyek prestisius yang ada di Indonesia. Handasa juga dipercaya oleh banyak perusahaan besar seperti PLN, TELKOMSEL, HUAWEI, INDOPOWER, MITRATEL dll.

Tugas tugas konsultan perencanaan pembangunan

Pemilik proyek menunjuk konsultan perencanaan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Dalam pelaksanaannya konsultan perencanaan pembangunan memiliki tugas dan wewenang yang berbeda dengan konsultan lainnya. Dibawah ini adalah beberapa tugas-tugas konsultan perencanaan pembangunan yang harus anda tahu:

1. Melakukan survey lapangan untuk menyamakan persepsi dengan pemilik proyek

Pemilik proyek diasumsikan tidak memiliki pengetahuan tentang perencanaan proyek dan bangunan. Oleh karena itu pemilik proyek bekerjasama dengan konsultan perencanaan. Pihak konsultan akan melakukan survey lokasi dan menyampaikan hasil survey kepada pemilik proyek dalam sebuah presentasi. Dalam presentasi tersebut kedua belah pihak menyampaikan persepsi tentang bagunan yang akan di kerjakan.

2. Membuat dan menyajikan gambar pelaksanaan

Seorang konsultan perencanaan bangunan juga mempunyai tugas membuat gambar pelaksanaan yang akan menjadi pedoman pengerjaan proyek. Selain itu kontraktor juga harus membuat RKS atau rencana kerja dan syarat-syarat pelaksanaan bangunan.

3. Mengakomodasi keinginan pemilik proyek ke dalam desain bangunan yang dibuatnya

Sebelum membuat gambar perencanaan pembangunan, konsultan harus bertemu dengan pemilik proyek untuk menanyakan ide dan gagasan kreatif dari pemilik proyek. Konsultan harus bisa mengakomodasi sebanyak mungkin ide dan gagasan pemilik bangunan dan memproyeksikannya dalam gambar bangunan yang akan di buat.

4. Membuat RAB

Tugas konsultan berikutnya adalah membuat RAB atau Rencana Anggaran Biaya. Pembuatan Rencana Anggaran Biaya ini biasanya juga disertai dengan estimasi lamanya pengerjaan bangunan. RAB dan estimasi lamanya pengerjaan bangunan harus diberitahukan kepada pemilik proyek.

5. Bertanggung jawab bila terjadi kegagalan

Konsultan perencanaan mempunyai tugas yang sangat berat. Bila terjadi kegagalan desain dan konstruksi, konsultanlah yang harus bertanggung jawab. Itulah sebabnya kenapa konsultan perencanaan harus dipegang oleh orang yang benar-benar profesional dan berpengalaman.

Wewenang konsultan perencanaan

Selain memiliki tugas yang sangat beragam, seorang konsultan perencanaan bangunan juga memiliki beberapa wewenang khusus yang diantaranya sebagai berikut:

  • Mempertahankan konsep perencanaan yang sudah dibuat sejak awal.
  • Menentukan jenis dan spesifikasi materi yang akan digunakan dalam proses pembangunan.
  • Mengumpulkan data proyek dan membuat interpretasinya yang kemudian akan disampaikan kepada otoritas terkait. Kagiatan ini diperlukan agar bangunan yang dibuat sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan institusi terkait lainnya.

Konsultan perencanaan bangunan berkontribusi besar terhadap kesuksesan sebuah proyek yang akan dikerjakan. Bila anda sedang mencari konsultan bangunan yang kredibel dan berpengalaman luas, sebaiknya bekerjasama dengan Handasa Engineering Consultant.