Konsultan Struktur Beton Terbaik Di Indonesia

konsultan struktur beton

Konsultan Struktur Beton – Jika ingin mendirikan sebuah bangunan baik itu untuk rumah, pabrik, hotel dan lain lain, pasti anda menginginkan sebuah bangunan yang kuat, kokoh dan tahan lama. Beton adalah material struktur bangunan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Jika anda akan mendirikan bangunan dengan struktur yang memiliki kompleksitas yang tinggi, maka memerlukan konsultan struktur beton.

Memilih konsultan struktur beton tidak boleh dilakukan sembarangan karena hanya kosnultan yang berpengalamanlah yang mengetahui bagaimana membuat struktur bagunan dari beton dengan baik. Handasa Engineering Consultant adalah salah satu perusahaan konsultan terbaik yang memiliki kantor pusat di Jakarta.

Handasa Engineering Consultant melayani jasa konsultasi yang mencakup banyak bidang. Selain melayani jasa konsultan struktur beton, perusahan yang satu ini juga siap membantu anda membangun properti, tower transmisi listrik, tower telekomunikasi dan masih banyak lagi lainnya.

Sekilas tentang beton

Beton merupakan campuran semen, air agregat kasar dan agregat halus sehingga bisa menghasilkan massa yang kuat dan padat. Dalam prakteknya beton dibuat dari pasir, koral, kerikil yang diaduk dengan semen dan air sebagai bahan pengikat. Kekuatan beton dipengaruhi oleh bahan yang dicampurnya.

Untuk menghasilkan beton yang kuat diperlukan campuran bahan dengan komposisi yang benar-benar pas. Kekuatan beton akan berkurang dan bertambah bila komposisi campurannya diubah. Untuk mengetahui kekuatan beton yang sebenarnya perlu dilakukan uji kekuatan tekan beton. Test ini dilakukan dengan cara menaruh beban di atas beton sampai beton tidak kuat dan hancur.

Keuntungan menggunakan beton sebagai struktur bangunan

Seperti sudah disebutkan diatas beton adalah material yang sering digunakan dalam dunia konstruksi. Pemilihan beton ini bukan tanpa alasan, dengan menggunakan beton anda akan mendapatkan keuntungan yang diantaranya sebagai berikut:

  • Karena dibuat dari bahan bahan lokal biaya pembuatan beton tidaklah terlalu mahal. Pasir dan koral bisa didapat secara lokal dan hanya semen saja yang harus dibeli dari pabrik.
  • Memerlukan biaya perawatan yang relatif rendah. Beton tidak mudah aus dan tahan terhadap suhu panas. Hal inilah yang membuat beton tidak memerlukan perawatan secara khusus.
  • Beton sanggup menahan tekanan yang sangat tinggi sehingga sangat cocok untuk dijadikan struktur bangunan. Beton sering digunakan untuk membuat jalan tol, stadion, bangunan bertingkat dan masih banyak lagi lainnya
  • Beton tidak mudah berkarat dan tidak mudah busuk karena kondisi lingkungan. Hal ini tentu sangat cocok dengan kondisi iklim di Indoensia yang cenderung lembab dan basah. Air hujan dan kelembapan udara yang tinggi tidak terlalu berpengaruh terhadap keawetan bangunan yang terbuat dari beton.
  • Beton yang belum mengeras mudah diangkut dan dicetak menjadi bentuk apapun yang kita kehendaki. Hal ini berbeda dengan baja yang kaku. Membawa batangan baja ke tempat konstruksi bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi bila tempat konstruksi berada di lokasi yang sulit dijangkau. Sedangkan adukan semen dan batu koral bisa ditransportasikan kemana saja dengan mudah

Kekurangan menggunakan beton

Selain memiliki beberapa kelebihan, beton juga memiliki beberapa sisi negatif yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa kekurangan beton yang harus anda tahu:

  • Secara umum beton tidak bisa seratus persen kedap air. Beton yang terkena air secara terus menerus bisa menurunkan kekuatan beton itu sendiri. Hal ini karena air bisa masuk ke dalam pori pori beton dan melemahkan strukturnya.
  • Bila terjadi perubahan suhu, beton bisa mengalami penyusutan dan pengembangan masa. Untuk itu struktur beton harus diberi dilatasi agar bangunan tidak mudah retak karena adanya pengembangan dari beton itu sendiri.
  • Adukan beton akan menyusut setelah mengeras. Oleh karena itu pemberian dilatasi sangat penting agar ukuran beton tetap presisi.

Meskipun memiliki banyak sisi positif, beton juga memiliki beberapa sisi negatif. Salah satu cara untuk meminimalisir sisi negatif dari beton adalah menambahkan baja di dalamnya atau sering disebut dengan beton bertulang. Bagi pembaca yang sedang mencari konsultan struktur beton, silahkan bekerja sama dengan Handasa Engineering consultant.