Lingkup Kerja Konsultan MEP yang Profesional dan Terpercaya

konsultan MEP

MEP merupakan singkatan dari Mekanikal, Elektrikal, dan Plumbing atau pemipaan. Dalam dunia konstruksi, konsultan MEP juga bisa disebut dengan konsultan ME (Mekanikal dan Elektrikal) saja. Sebab, Plumbing telah masuk pada scope pekerjaan dari ahli mekanik. Plumbing dipisahkan dengan tanggung jawab mekanikal dan elektrikal dikarenakan ada beberapa proyek yang memiliki sistem plumbing yang sangat kompleks.

Dengan begitu, dalam suatu proyek pembangunan dibutuhkan konsultan MEP agar pekerjaan menjadi lebih cepat dan efektif. Untuk itu, mari membahasnya secara lebih rinci pada ulasan di bawah ini!

Scope Pekerjaan Konsultan MEP

Dalam proyek pabrik atau gedung, MEP memiliki kaitan yang sangat erat dengan arsitek dan sipil. Sebab, gambar MEP tidak bisa disusun sebelum gambar arsitek belum diselesaikan. Artinya, konsultan MEP tidak akan mampu menggambar posisi lampu dan sebagainya karena belum mengetahui jenis atap yang digunakan apakah duct atau plafond. Pun, belum mengetahui ketinggian atap serta adanya void dalam bangunan tersebut.

Ya, konsultan MEP bisa mulai bekerja hanya jika gambar arsitek sudah atau mendekati rampung. Dalam hal ini, konsultan mempunyai andil yang besar untuk menentukan besarnya nilai proyek. Sebab, ada banyak barang yang akan dipakai dengan berbagai spesifikasi yang tersedia.

Selain itu konsultan ini harus mampu bekerja sama dengan konsultan manajemen dan arsitek agar proses gambar menjadi lebih lancar. Konsultan manajemen juga perlu secara intens berkomunikasi dengan konsultan MEP dan owner agar bisa menentukan spesifikasi yang digunakan pada proyek.

Konsultan MEP perlu secara berkala memberikan saran dan masukan pada konsultan manajemen untuk menentukan spesifikasi. Sebab, hal ini akan menentukan nilai proyek kedepannya. Sebelum gambar MEP jadi, maka konsultan perlu menjelaskan dan mempresentasikan mengenai desain dan spesifikasinya. Pertimbangkan juga alternatif pada owner apabila owner menginginkan nilai proyek yang lebih kecil.

Koordinasi yang dilakukan konsultan MEP dengan yang lain harus didampingi konsultan manajemen sebagai pengelola proyek. Sehingga semua kesepakatan bisa dimonitor serta dicatat menjadi dokumen agar owner mudah memantau perkembangan proyeknya.

Nah, untuk diketahui, bahwa scope pekerjaan mekanikal dan plumbing terdiri atas beberapa hal, meliputi, pemipaan, tata udara, pemadam kebakaran, lift, elevator dan eskalator, sistem gas, dan kompressor.

Sedangkan pekerjaan pemipaan atau plumbing terdiri atas air kotor, air bersih, air proses, vent, air hujan, dan sebagainya. Untuk instalasi pemadam kebakaran meliputi instalasi sprinkler dan IHB, OHB. Untuk instalasi detektor pemadam kebakaran yang meliputi smoke, heat, dan sebagainya masuk pada ranah pekerjaan dari bidang elektrikal.

Selanjutnya, pekerjaan elektrikal terdiri atas tegangan endah, menengah, hingga instalasi penerangan dan stop kontak. Lebih spesifik lagi, pekerjaan ini meliputi penanganan panel listrik, trafo, instalasi lampu dan stop kontak, dan juga kabel ladder.

Untuk lebih singkatnya, sistem mekanikal dan elektrikal meliputi beberapa hal, yakni:

  1. Sistem elektronik
  2. Sistem elektrikal
  3. Sistem pemadam kebakaran
  4. Sistem transportasi dalam gedung
  5. Sistem plumbing
  6. Sistem ventilasi dan air conditioning

Kegiatan Konsultan MEP

Scoop pekerjaan pada ranah MEP memang sangat banyak, sehingga dibutuhkan konsultan MEP yang memiliki keahlian pada bidangnya. Nah, untuk kegiatannya dalam suatu proyek pembangunan meliputi:

  1. Mengatasi masalah dan perbaikan sistem mekanikal dan elekrikal
  2. Memelihara serta meng-upgrade ME sistem
  3. Merekayasa nilai
  4. 2D CAD Drawing
  5. Memperkirakan biaya MEP
  6. Menyusun perkiraan finding
  7. Menghitung kebutuhan dan persyaratan
  8. Melakukan audit sistem dan instalasi mekanikal dan elektrikal pada gedung exiting
  9. Mendesain serta membuat sistem perencanaan ME

Konsultan MEP Terpercaya: PT Handasa

PT Handasa merupakan perusahaan jasa konsultan MEP yang telah dipercaya untuk menangani beragam proyek infrastruktur seperti perkantoran, pabrik, pusat perbelanjaan, apartemen, rumah sakit, dan juga kampus. Dengan dibekali Sumber Daya Manusia yang unggul dan memahami bidangnya masing-masing, PT Handasa menjamin hasil pembangunan MEP yang cepat, akurat, fungsional, serta bisa dipertanggungjawabkan.

Para engineer telah berpengalaman pada bidang ME serta memiliki sertifikat keahlian. Yang pasti, akan memudahkan Anda memeroleh IMB di Pemerintah Daerah. PT Handasa akan senantiasa membantu dalam merancang, mempelajari, serta mengawasi pekerjaan sipil, mekanik, listrik, arsitektur untuk membangun infrastruktur yang berkualitas tinggi.