Tanggung Jawab Konsultan Properti yang Akan Membantu Mengetahui Pasar Properti

konsultan properti

Seorang konsultan mempunyai peran yang besar dalam membantu klien untuk melakukan kegiatan atau dalam menentukan langkah. Nah, salah satu bidang kerja dari konsultan pun ada beragam. Salah satunya adalah konsultan properti.

Tugas utama dari konsultan ini adalah memberikan bimbingan atau masukan terkait dengan kondisi properti tertentu. Topik yang biasanya dibahas adalah tren properti yang mencakup masalah pasar properti atau memberi saran supaya investasi bisa lebih menguntungkan. Sedangkan klien dari konsultan ini biasanya berasal dari perorangan dan juga perusahaan.

Lantas, cara kerja dari konsultan properti yakni dengan memberi studi pembangunan, membuat laporan, analisa kelayakan, dan juga analisa peluang investasi untuk klien. Nantinya, analisa yang diberikan konsultan akan menjadi pertimbangan untuk klien dalam menjual, membeli, serta mengelola properti tersebut.

Pengetahuan Konsultan Properti

Untuk melakukan analisa peluang investasi, tentu saja konsultan properti harus memiliki beberapa keahlian khusus dan pengetahuan tersendiri, diantaranya:

  1. Pengetahuan ilmu pemasaran
  2. Pengetahuan ilmu pembangunan serta konstruksi
  3. Pengetahuan ilmu penataan kota
  4. Kemampuan komunikasi yang baik
  5. Kemampuan negosiasi serta presentasi
  6. Menguasai bahasa asing

Selain itu, konsultan properti juga harus pandai dalam memilih agen properti yang terpercaya serta memiliki track record yang baik. Kerja sama dengan agen-agen properti akan membuat potensi memeroleh klien menjadi semakin mudah dan besar.

Lingkup Kerja Konsultan Properti

Apabila dilihat dari sisi luar, profesi ini tidak terlalu menonjol, bahkan pekerjaannya tidak terlalu banyak diketahui. Namun, sejatinya, profesi ini harus memiliki banyak cara untuk melakukan berbagai pekerjaannya. Nah, lingkup kerjanya sendiri ada beberapa macam, diantaranya:

1. Melakukan Survei dan Riset Pasar

Survei yang dilakukan oleh konsultan ini biasanya langsung di lokasi proyek serta di berbagai kota yang banyak terdapat perumahan. Tak hanya itu saja, konsultan juga harus melihat pasar atau pembeli rumah. Selain itu, konsultan juga harus cermat memilih kehendak konsumen terkait dengan gaya yang dapat membuat konsumen lebih tertarik kepadanya.

2. Menetapkan Target Penjualan

Rumusan mengenai target biasanya tidak terpenuhi. Sehingga, beberapa proyek hanya menargetkan penjualan pada konsumen semata. Dalam suatu proyek perumahan yang baru saja jadi, biasanya hanya 18 hingga 20 % saja yang terjual. Dengan begitu, konsultan perlu memikirkan marketingnya dengan baik.

3. Merencanakan Program Tahunan Marketing secara Komprehensif

Program yang dibuat tentu saja bukan lah pengandaian yang tidak mampu dilakukan. Konsultan akan memikirkan hal yang berkaitan dengan program tersebut. Semisal biaya, orang yang mendukung, hal terburuk jika program gagal, membuat plan B, dan sebagainya.

4. Pelatihan SDM

Selanjutnya, lingkup kerja dari profesi ini adalah melakukan pelatihan SDM internal. Isi materinya adalah kemampuan komunikasi secara efektif. Serta bagaimana cara staf bisa menuturkan kata yang mudah memengaruhi orang lain. Biasanya, materi berisi tentang teknik closing, negosiasi, serta administrasi penjualan.

5. Mentoring Pelaksanaan Program

Konsultan properti juga dalam me-monitoring poin ketepatan waktu, isi materi iklan, serta visualisasi iklan. Dengan konsep iklan yang menarik, maka respon pembaca pun akan tinggi. Kemampuan ini harus dibuktikan oleh konsultan pada klien.

Peran dan Tanggung Jawab Konsultan Properti

Terdapat banyak peran dan tanggung jawab, terutama untuk merancang pelaksanaan dengan rapi, kreatif, dan mudah dijalankan klien. Lebih dari itu, ada beberapa detail tanggung jawab dan peran dari pekerjaan ini, meliputi:

  1. Memberi nasihat serta pengetahuan mengenai tren demografi serta ekonomi lokal untuk memandu pelanggan.
  2. Memberi saran serta masukan, menganalisa, advokasi, serta membuat laporan dan menyediakan berbagai strategi pada bidang properti.
  3. Merancang pembangunan properti dengan mempertimbangkan adanya aspek tata kota.
  4. Melakukan negosiasi dan komunikasi dengan klien.
  5. Memberi rancangan strategi marketing pada para klien.

Konsultan Properti dengan Tim Terbaik

Saat ini, kebutuhan properti sebagai aset investasi semakin tinggi, sehingga, Anda membutuhkan konsultan yang profesional dan memiliki tim terbaik. Nah, salah satu konsultan properti terbaik di Indonesia adalah PT Handasa.

Perusahaan ini merupakan penyedia jasa konsultasi properti yang siap membantu dalam mengawasi dan merancang pembangunan. Bahkan, PT Handasa siap untuk mempelajari, merencanakan, merancang, serta mengawasi pembangunan infrastruktur,  pekerjaan sipil, telekomunikasi, dan sebagainya.